Selasa, 12 Mei 2020

Mengenal Struktur Dasar Tag HTML dan Mengenal apa itu Tag HTML


Hai, Pada Artikel kaliini kita akan membahas apa itu Struktur Dasar Tag Pada HTML dan juga kita akan membahas apasih Tag HTML itu?, Meskipun sebelumnya saya telah membahasnya di Artikel sebelumnya tapi belum begitu spesifik penjelasannya.

Baca juga : Apa itu HTML dan Bagaimana Cara Kerja HTML

Perlu diketahui bahwa HTML adalah bahasa Markup yang mempunyai banyak tag didalamnya agar Browser dapat mengetahui apakah itu text yang berbentuk tulisan tebal / paragraph / link dll.

Dalam pembuatan tag sendiri kita bisa membuatnya dengan cara mengetik kurung siku buka < dan kurung siku tutup > dan didalam nya baru kita bisa menentukan tag apa yang ingin kita berikan.
Sebagai contohnya seperti berikut :



Didalam Tag sendiri ada yang dinamakan tag pembuka dan tag penutup. Yang membedakan apa? jika tag pembuka hanya terdapat kurung siku buka dan kurung siku tutup didalamnya, dan ada isi nama tagnya, semisal <p>. Tapi jika tag penutup ditambahkan slash atau garis miring </p>.

Nah setelah kita mempelajari dan mengerti apa itu tag HTML sekarang kita akan membahas apasih Struktur dasar tag HTML itu? ada apa saja? dan fungsi - fungsinya? Kita akan membahasnya satu persatu.

Didalam Struktur dasar tag HTML terdapat adanya :

Sekarang saya akan membahas fungsi - fungsinya dari tag - tag yang ada di didalam Struktur dasar tag HTML.

1. <!DOCTYPE html> 
Sebagai deklarasi kebrowser tentang versi HTML yang digunakan

2. <html>
Adalah tag pembuka dari seluruh tag yang ada dihalaman Web atau bisa kita katakan sebagai tag pembungkus daripada HTMLnya dan seperti saya jelaskan tadi, adanya tag pembuka <html> dan tag penutupnya </html>.

3. <head> 
Tag head ini biasanya berfungsi untuk memberikan CSS (Inline CSS) / untuk menghubungkan CSS dengan file yang berbeda / dengan cara external CSS. Bisa juga digunakan untuk memberikan kode - kode javascript didalamnya.

Didalam tag head terdapat tag title. Tag title sendiri berfungsi untuk memberikan judul diatas kiri tab browser kalian.

Baca juga : Apa itu CSS dan Bagaimana Cara Pembuatannya 

4. <body>
Tag body berfungsi untuk mengisi konten / isi dihalaman Website kita. Sebagai contohnya, jika kita ingin memberikan tulisan / gambar / table dll maka kita harus memasukkan tag-tag htmlnya didalam body beserta isinya. Sebagai contoh seperti berikut :



Disini saya memasukkan tag p / paragraph dan tag b / bold  didalam bodynya.

Kesimpulan  

  • Didalam tag html terdapat tag pembuka < > dan tag penutup </ > .
  • HTML  memiliki struktur dasar tag yang semuanya memiliki fungsinya masing - masing.


 

Previous Post
Next Post

Agung merupakan mahasiswa di Universitas Raharja Tangerang dan Agung juga merupakan seorang penulis diartikel blog Coding Manja. Dengan adanya blog Coding Manja ini, Agung berharap bisa bermanfaat bagi banyak orang disetiap artikel yang dibuat.

0 Comments: