Jumat, 08 Mei 2020

Apa itu HTML dan Bagaimana cara kerja HTML

Apa itu HTML dan Bagaimana cara kerja HTML

Assalamualaikum wr wb. Kaliini saya akan membahas tentang apa itu HTML. Pertama - tama kita harus tau dulunih kepanjangan dari HTML sendiri.

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Languange yang berfungsi untuk membuat konten kedalam website. Maksudnya adalah dengan adanya HTML ini memungkinkan kita untuk membuat isi daripada Website kita sendiri dan HTML ini juga bisa kita katakan sebagai sebuah wadah untuk CSS,Javascript,PHP.

Lalu kalo kalian pernah mendengar Bahasa Pemrograman, Apakah HTML itu bagian dari Bahasa Pemrograman? Jawabannya tidak yah teman - teman. Karna sekali lagi HTML adalah bahasa Markup dan berbeda sekali dengan Bahasa Pemrograman yang isinya sendiri terdapat perintah - perintah yang terdapat adanya Logika/Algoritma Pemrograman,Variable,dan lain - lain.

Pasti kalian bertanya - tanya, Apakah belajar HTML itu susah?. Tidak yang teman - teman, Untuk belajar HTML itu sangat mudah apalagi kalo kalian tekun dalam mempelajari HTML sendiri. Dan didalam HTML sendiri terdapat Tag - Tag dan atribute yang mudah untuk dipahami oleh teman - teman. Untuk sebagai contohnya seperti berikut yah :

Yaitu membuat Tag p/paragraph di HTML yang fungsinya sendiri adalah membuat paragraph pada Website kita sendiri.

Bagaimana cara kerja HTML sendiri?

HTML sendiri sebenarnya hanya sebuah tulisan / dokumen. Tapi perbedaannya adalah HTML menggunakan Tag seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

HTML memiliki ekstensi akhiran file .html atau .htm yang dapat kita lihat dibrowser kalian masing - masing. Seperti contohnya, Kalian membuat HTML di Notepad kalian(Bagi pengguna Windows) atau TextEdit(Mac) yang nantinya kalian membuat file baru yang diisi namanya dengan contoh.html

Intinya adalah diakhiri dengan .html atau .htm pada nama akhir nama filenya dan untuk nama bagian depannya kalian bisa isi dengan keinginan kalian masing - masing. Setelah membuat file baru, coba untuk membuat Tag p yang telah saya contohkan diatas lalu kalian save dan buka filenya. Pastinya sekarang telah terbuka dibrowser kalian masing - masing

Oke, Selamat untuk kalian karna telah mempelejari apa itu HTML dan kita juga telah membahas bagaimanasih cara kerja si HTMLnya dan bagaimana cara pembuatan HTMLnya sendiri.

Previous Post
First

Agung merupakan mahasiswa di Universitas Raharja Tangerang dan Agung juga merupakan seorang penulis diartikel blog Coding Manja. Dengan adanya blog Coding Manja ini, Agung berharap bisa bermanfaat bagi banyak orang disetiap artikel yang dibuat.

0 Comments: